Thursday, December 8, 2016

Wanita

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah.” (HR. Muslim)

Kehadiran seorang wanita sebagai pasangan adalah hal yang memang dinantikan juga bagi para lelaki. Kebutuhan sosok lemah-lembut dalam mengarungi kerasnya kehidupan ini bisa menjadi semakin lancar dalam mencapai visi misi hidupnya. Pun membutuhkan tokoh yang berpandangan berbeda dengan jiwa lelaki sangat dibutuhkan dalam hal-hal penting.

Dan yang terpenting bagaimana wanita itu bisa menjadi penyejuk hati sang suami. Ketika memandangnya dengan penuh cinta kepada Allah, seketika dunia ini layaknya dikelilingi mutiara yang indah.

Wanita juga, menjadi hal terpenting bagi seorang anak. Atau sering kita sebut "ibu".
Ibu adalah madrasah pertama bagi seorang anak sebelum belajar kepada orang lain di luaran sana. Pendidikan yang sesungguhnya justru hadir dari buah karya seorang ibu. Bagaimana seorang ibu itu mengajarkan nilai-nilai agama, nilai-nilai tata krama, yang bisa di lakukan dengan alokasi waktu yang lebih banyak dari seorang bapak.

Terakhir, wanita sebagai tiang negara. Hal ini memang nyata adanya, bagaimana kehancuran suatu negara bisa terlihat dari kualitas wanita nya. Karena tidak sedikit, laki-laki yang berbuat jahat itu disebabkan adanya kesempatan yang buka oleh wanita itu sendiri. Atau kejahatan seperti korupsi pun ada dukungan atau dorongan dari para istri. Atau *maaf*
Yang saya ketahui, penyakit AIDS pun tersebar disebabkan seorang wanita yang sering ganti-ganti lelaki.

Bahkan, Nabi Adam 'alaihissalam pun yang awalnya tidak tertarik kepada buah Khuldi, ketika di rayu oleh Hawa akhirnya beliau pun tergelincir.

Jadi peran seorang wanita shalihah itu sangat penting sekali.
Shalihah terkumpul jika 4 komponen ini terpenuhi..
1. Khair,
Mereka selalu memiliki fikiran yang baik, jernih, husnudzhan tingkat tinggi dll.
2. Thoyyib
Mereka memiliki fisik yang sehat..
3. Ma'ruf.
Mereka selalu berbuat kebajikan dalam keluarganya, atau bahkan di lingkungan masyarakatnya..
4. Ihsan
Mereka selalu mengaitkan semua pekerjaan yang mereka lakukan, sekecil apapun itu selalu berlandaskan karena Allah semata..

Mungkin ke 4 komponen ini pun bisa menjadi syarat terpenuhinya makna sholeh yang sesungguhnya bagi para ikhwan.

No comments:

Post a Comment